Instruksi Pemprov Jatim dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) Tahun 2017

Peringati Hari Kebangkitan Nasional Masyarakat (Harkitnas) Diminta Kibarkan Bendera Merah Putih. 

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-109 Tahun 2017, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menginstruksikan kepada instansi pemerintah dan swasta untuk mengibarkan bendera merah putih satu tiang penuh pada tanggal 20 Mei 2017. Kepada masyarakat, dihimbau juga melakukan hal sama,  pengibaran bendera di rumah masing-masing

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim Drs. Benny Sampirwanto M.Si di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Jatim Jl. Pahlawan 110 Surabaya. 

Dijelaskan, pengibaran bendera merah putih dilaksanakan selama satu hari pada Sabtu, 20 Mei 2017 sejak pagi hingga sore hari, pukul 06.00 s/d 18.00 wib. 

Pengibaran bendera dalam rangka peringatan Harkitnas tersebut, lanjut Karo Humas dan Protokol Benny Sampir Wanto, merujuk pada surat edaran Gubernur Jawa Timur yang ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur,  Dr. H. Akhmad Sukardi MM tertanggal  17 Mei 2017 nomor 460/9305/012/2017.  

Surat edaran ditujukan kepada Bupati/Walikota, Rektor PTN/PTS, Kakanwil Kementrian Prov. Jatim, Kepala Dinas/Badan/Biro dilingkungan Prov. Jatim. Surat edaran tersebut juga ditujukan kepada Dirut PD/BUMN/PT/RS Pemerintah/Swasta, Pimpinan Bank Pemerintah/Swasta dan pimpinan organisasi/lembaga/profesi.  

Ditambahkan, surat edaran ini menindaklanjuti Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika RI pada tanggal 24 april 2017 tentang pembentukan Panitia Penyelenggara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 109 Tahun 2017 ini.

” Tema peringatan Harkitnas ke 109 Tahun 2017, yakni Pemerataan Pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional”. ujatnya. 

Upacara Bendera

Selain melaksanakan pengibaran bendera merah putih, lanjut Benny, Gubernur Jatim juga menginstruksikan seluruh pemerintah kabupaten/kota, badan/dinas/lembaga, pemerintah/swasta, BUMD, PTN/PTS, Bank hingga pimpinan organisasi di Jatim untuk menyelenggarakan upacara di lingkungan masing-masing pada hari Senin tanggal 22 Mei 2017. 

Kegiatan lain dalam rangka peringatan hari kebangkitan nasional, jelas Benny, juga pelaksanakan pekan swadesi. “Pelaksanaannya masih menunggu arahan lebih lanjut dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia,” ujarnya.  

Sumber : Siaran Pers Humas Pemprov Jatim. 

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: